4 Pupuk Untuk Cabe Rawit Agar Berbuah Lebat, Apa Saja?

Cabe dikenal sebagai komoditas yang paling penting bagi masyarakat indonesia. Seperti uanng kita tahu, penduduk kita sangat menyukai makanan dengan cita rasa yang pedas. Tidak heran jika informasi terkait dengan cara berbudidaya cabe sangat dicari. Berkaitan dengan hal tersebit, Yuk cari tahu daftar pupuk untuk cabe rawit agar berbuah lebat bersama sama!

Daftar Pupuk Penting Untuk Tanaman Cabe

  1. Pupuk Urea

Pupuk urea adalah salah satu jenis pupuk yang harus ada jika anda hendak berbudidaya cabai. Pupuk tersebut mengandung kandungan N atau Nitrogen dalam jumlah yang besar. Dengan begitu, kebutuhan tanaman dapat terpenuhi dengan baik. kendati demikian, anda harus menaburkan pupuk tersebut dalam jumlah atau takaran yang pas agar kondisi tanah tidak rusak.

Terllau banyak urea pada tanah malah akan membuat keseimbangan kimia tanah tidka baik. alhasi, banyak komponen lain yang akhirnya tidak dapat diserap oleh tanaman. Bahkan jika kadarnya sudah terlalu tinggi, maka bukan tidak mungkin tanaman budidaya menjadi keracunan. Fungsi dari pupuk urea adalah untuk mendorong pertumbuhan daun pada tanaman cabai, sehingga buahnya banyak.

  1. NPK Mutiara 16-16-16

NPK sebenarnya adalah singkatan dari tiga unsur utama yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. N diambil dari huruf pertama Nitrogen, P dari phospor, sedangkan K adalah kalium. Fungsi mereka adalah untuk meningkatkan proses fotosintesis. Dengan begitu, buah yang dihasilkan menjadi semakin banyak. tentu kondisi tersebut menjadi harapan setiap petani.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk memberi pupuk NPK mutiara? Anda bisa memberikan produk kimia tersebut saat cabai berusia 30 hari hingga 50 hari. Di periode inilah, tanaman sedang berusaha untuk berbuah. Anda hanya perlu memasukkan pupuk NPK ini ke dalam satu liter air dan mengaduknya hingga rata. Kemudian siramkan larutan pupuk di sekitar pertanaman cabai.

  1. Pupuk Kandang

Pupuk kandang masuk dalam daftar jenis pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman cabe. Pupuk tersebut perlu diberikan, bahkan saat tanaman cabe belum ditanam. Pupuk kandang ini pelru dimasukkan ke dalam tanah, saat anda melakukan proses pengolahan tanah. Campur tanah dan pupuk ini hingga rata, agar setiap tanaman yang tumbuh di atasnya dapat berkembang dengan baik.

Selain bermanfaat sebagai sumber unsur hara, keberadaan pupuk kandang di tanah juga bermanfaat sebagai sumber energi bagi mikroorganisme yang ada di sana. Dengan begitu kondisi tanah menjadi lebih sehat dan cocok untuk berbagai jenis tanaman yang lain. tidak dapat dipungkiri jika tanah sebagai media tanam harus diperhatikan dengan maksimal.

  1. Pupuk Larutan Phonska Cair

Tanaan cabai yang anda tanam akan bekrembang dengan lebih baik jika didukung dengan pupuk larutan phonska cair. Pupuk tersebut dapat merangsang pertumbuhan tunas ketiak daun serta pertumbuhan bunga. dengan begitu, cabai akan cepat berbuah, dibandingkan dengan merek yang tidak diberi tambahan phionska cair.

Selian manfaat tersebut, pupuk untuk cabe rawit agar berbuah lebat ini juga dipercaya dpaat menghindarkan tanaman cabai dari serangan hama dan penyakit. Kendati demikian, bukan berarti anda bisa memakaikan nya setiap hari. Fungsi utama mereka adalah untuk mensuplai kebutuhan tanaman, bukan sebagai pembasmi hama.

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan daftar pupuk yang sangat mendukung proses pertumbuhan tanaman cabai. Penjelasan semacam ini penting, terutama bagi anda yang berniat melakukan proses budidaya. Berbelanja pupuk juga bukan hal yang sulit, karena sudah banyak layanan ekspedisi jakarta yang mampu mengantarkan produk ke seluruh penjuru indonesia.

 

ย