Profil Beberapa Pesantren di Medan

Medan merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Kota ini menyediakan banyak lembaga pendidikan berkualitas bagi masyarakat. Salah satunya adalah pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan swasta di bidang agama Islam. Ada banyak pondok pesantren yang menawarkan kualitas pengajaran yang baik sehingga para santri dapat mengembangkan potensi mereka. Selain itu, sistem kurikulum yang digunakan pada pondok pesantren juga menyesuaikan antara kurikulum nasional dan pendidikan agama Islam. Sehingga, para santri tidak hanya belajar tentang agama Islam saja akan tetapi juga belajar tentang ilmu pengetahun umum.

Beberapa Ponpes di Kota Medan

Salah satu pondok pesantren yang ada di Medan adalah Pesantren Darul Arafah Medan. Pondok pesantren ini menjadi salah satu pesantren yang menggabungkan sistem pendidikan tradisional dan modern. Sistem pendidikan yang ada di Pesantren Darul Arafah Medan menekankan tentang pembelajaran agama yang menyeluruh. Meskipun begitu, pondok pesantren ini juga menyelenggarakan beberapa jenjang pendidikan formal seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (Mts), dan Madrasah Aliyah (MA). Para santri yang lulus dari ponpes ini akan memiliki pengetahuan agama yang baik. Selain itu, mereka juga bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Al Akbar menjadi salah pondok pesantren di Kota Medan yang menerapkan sistem pembelajaran modern. Pondok pesantren ini telah berdiri bahkan sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1982 oleh Syekh Ali Akbar Marbun. Sebagai sebuah pondok pesantren modern, ponpes ini menggunakan beberapa sistem kurikulum seperti kurikulum pesantren, kurikulum dari Kemenag, dan K-13. Oleh karena itu, para santri yang belajar di ponpes ini memiliki kemampuan yang lengkap baik di bidang ilmu agama Islam maupun ilmu pengetahuan umum. Selain itu, Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Al Akbar juga menyediakan beberapa jenjang pendidikan seperti MTs dan MA. Program pendidikan lain yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Al Akbar adalah Tahfidz Qur’an dan pendidikan menjadi seorang dai maupun pendidik agama Islam. Sehingga, setiap harinya para santri akan belajar di sekolah formal dan dilanjutkan dengan pelajaran agama secara intensif.

Pesantren Darul Arafah juga menjadi salah satu pondok pesantren yang ada di Medan menggunakan kurikulum terintegrasi. Ponpes ini menyelenggarakan pendidikan agama Islam dan ilmu pengetahuan umum pada beberapa jenjang pendidikan seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Sehingga, bagi para santri yang telah lulus dari MA, mereka bisa melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi. Pesantren Darul Arafah juga memiliki ekstrakurikuler di bidang teater dan seni hadrah. Para santri bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sela waktu belajar mereka.

Menggunakan Peci Kopiah Songkok

Bagi para santri, berpakaian sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Aturan berpakaian bagi santri laki – laki dan perempuan tentu berbeda. Sebagai contoh, santri laki – laki biasanya diwajibkan untuk menutup kepala mereka dengan menggunakan peci kopiah songkok. Peci yang digunakan tentu harus nyaman dan sesuai ukurannya. Oleh karena itu, bagi para santri laki – laki yang ingin menggunakan peci dengan kualitas bagus dan sesuai ukurannya, mereka bisa memesan peci dari pengrajin peci kopiah songkok. Peci yang dipesan dapat disesuaikan model, bahan, dan ukuran sesuai dengan kebutuhan.