Buku Kain dan Teether untuk Mainan Anak 5 Bulan

Anak usia 5 bulan sudah mulai bergerak aktif untuk membalikkan atau menggulingkan tubuhnya. Bahkan, Ia juga mulai ingin belajar duduk dengan posisi tengkurap. Otot tangan dan kakinya juga lebih kuat untuk memukul dan menendang. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan mainan anak 5 bulan dengan perkembangan dan kemampuannya.

Rekomendasi Mainan Anak 5 Bulan

Di usia 5 bulan, Anda perlu memberikan stimulasi untuk mendukung perkembangan motorik dan kognitif anak. Anak di usia 5 bulan belum bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain jadi tidak bisa diajari secara langsung. Caranya Anda bisa memberikan mainan yang cocok sebagai media untuk mendukung stimulasi anak.

Dengan begitu, anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan bersama mainan kesayangannya. Nah, berikut ini mainan anak 5 bulan yang cocok digunakan untuk membantu stimulasi anak.

  • Buku kain

Buku kain atau soft book sangat cocok untuk mainan anak 5 bulan yang mulai mengenal tekstur. Biasanya soft book merupakan buku bergambar yang terbuat dari kain dan berbagai bahan lainnya untuk melatih anak mengenal tekstur.

Meski belum mengerti gambar atau ceritanya, anak tetap akan tertarik dengan warna-warna yang mencolok dan perbedaan tekstur di dalamnya. Beberapa soft book juga dilengkapi dengan bahan seperti kaca yang aman untuk anak dan bagian yang bisa ditarik atau dilipat.

  • Teether

Selain itu, mainan anak 5 bulan juga bisa diberikan Teether karena memasuki usia ini anak sering memasukkan tangan ke mulutnya. Anak berusia 5 bulan ke atas juga sudah mulai tumbuh gigi sehingga akan terasa gatal atau nyeri di bagian gusinya. Teether dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Teether juga membantu kemampuan sensoris anak usia 5 bulan yang mulai tertarik dengan warna mencolok, bunyi dan tekstur. Itulah sebabnya teether biasanya didesain seperti mainan yang berwarna cerah dan bersuara untuk menarik perhatian Si kecil.

Tips Memilih Mainan untuk Anak

Membeli mainan untuk anak tidak boleh sembarangan dan perlu diperhatikan dari segi keamanan dan kebersihannya. Mainan anak juga tidak perlu terlalu mahal, namun jangan kalap juga dengan mainan yang dijual murah.

  1. Cari Tahu Kemampuan Anak

Sebelum membeli mainan anak 5 bulan, Anda perlu mencari tahu apa saja yang sudah bisa dilakukan Si kecil. Dengan mengetahui kemampuan anak, Anda bisa mengukur dan menyesuaikan mainan apa yang cocok untuk mendukung stimulasi yang tepat. Pilihlah mainan yang menunjang perkembangan ke tahap selanjutnya agar anak belajar hal baru.

  1. Aman untuk Si Kecil

Membeli mainan juga perlu diperhatikan dari segi keamanan dan kebersihannya. Pastikan mainan tersebut aman dari bahan kimia berbahaya dan tidak berbentuk runcing atau tajam sehingga bisa melukai anak. Perhatikan juga usia mainan, jika sudah terlalu usang maka sebaiknya diganti dengan yang baru untuk menjaga kesehatan Si kecil.

  1. Beli di Toko Online

Agar lebih praktis, Anda juga bisa membeli mainan di toko online atau di marketplace. Namun perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Contohnya online shop yang jual perosotan kolam renang anak, bisa dipertimbangkan dari jarak pengiriman dan ratting tokonya.

Sesuaikan Mainan dengan Kemampuan Anak

Intinya, dalam memilih mainan anak 5 bulan harus disesuaikan dengan kemampuannya saat ini. Stimulasi yang tepat akan memberi pengaruh yang baik bagi perkembangan motorik dan kognitif anak. Selain memberikan mainan, Anda juga bisa berinteraksi dengan menggenggam tangannya, mengelus rambutnya dan lain sebagainya.