Kisah Sukses Bill Gates

Siapa yang tidak kenal Microsoft? Perusahaan besar yang bergerak di bidang program komputer ini sudah dikenal bahkan sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang. Saat ini, operation sistem (OS) Windows yang dikembangkan oleh Microsoft menjadi salah satu OS yang paling banyak digunakan di dunia.

Tak hanya bergerak di bidang komputer, microsoft juga memperluas bisnisnya di video game. Dengan kata lain, Microsoft merupakan salah satu perusahaan besar yang sukses. Orang yang ada di balik kesuksesan Microsoft adalah Bill Gates yang juga merupakan pendiri perusahaan besar tersebut sekaligus salah satu orang terkaya di dunia.

Di balik kisah sukses Bill Gates, tentunya ada banyak sekali pelajaran yang dapat diambil, terutama bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis.

Riwayat Masa Muda

Bill Gates lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Amerika Serikat. Dia mendaftar di Lakeside School yang merupakan sekolah persiapan pribadi pada umur 13 tahun. Di sekolah tersebut, Bill Gates dibebaskan untuk mengejar minatnya dalam memprogram Sistem General Electric di BASIC.

Di mesin General Electric inilah dia membangun program komputer pertamanya. Bill Gates kemudian bertemu dengan Paul Allen di sekolah,  rekan yang bekerja sama dengannya dalam menemukan bug di sistem PDP-10 milik Computer  Center Corporation.

Setelah Gates, Paul, dan dua siswa lainnya menulis program penggajian untuk ilmu informasi dan menukarnya dengan waktu komputer dan royalti, pihak sekolah pun menyadari keterampilan pemrogramannya.

Bill Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dan menjadi National Merit Scholar, tetapi satu tahun sebelum kelulusannya, saat usianya 17 tahun, dia memulai usaha bernama Traf-O-Data bersama Paul.

Setelah lulus dari Lakeside School, dia melanjutkan pendidikan di Harvard dan bertemu Steve Ballmer. Meski tidak memiliki niat atau rencana studi di Harvard, Gates menghabiskan banyak waktu bersama komputer, kemudian bergabung dengan Paul Allen di Honeywell pada 1974.

Satu tahun kemudian, keduanya melihat peluang untuk membuka perusahaan perangkat lunak sendiri.

Mendirikan Microsoft

Pada 1975, Bill Gates menghubungi MITS, yaitu pencipta mikrokomputer baru Altair 8800 untuk memberi tahu mereka bahwa dirinya sedang menerjemahkan BASIC untuk platform tersebut. Peristiwa ini membawanya pada kesepakatan dengan MITS.

Bill Gates kemudian mengambil cuti dari Harvard untuk bekerja sama atau bermitra dengan Paul Allen yang telah dipekerjakan di MITS. Kemitraan mereka dinamai Micro-Soft yang kemudian didaftarkan sebagai Microsoft (merek dagang) pada 1976.

Setelah membuat MS-DOS untuk komputer baru IBM, Microsoft pun dikenal dengan cepat karena telah memberikan pengaruh pada komputer baru. Versi ritel pertama Microsoft Windows diluncurkan pada 20 November 1985.

Peristiwa ini diikuti dengan kemitraan Microsoft dan IBM dalam mengembangkan sistem operasi lain yang disebut OS / 2. Kerja sama keduanya awalnya baik, tetapi kemudian memburuk karena adanya perbedaan kreatif.

Sejak itu, Microsoft terus mengembangkan perangkat lunak. Mulai dari OS Windows, Microsoft Office Suites, hingga hotmail. Kisah sukses Bill Gates sebagai pendiri Microsoft tidak lepas dari konsistensi perusahaan serta sikapnya yang selalu mengikuti perubahan.

Bukan tidak mungkin untuk mengikuti jejak Vill Gates untuk menjadi orang sukses. Salah satu caranya adalah dengan memulai usaha. Misalnya dengan mengandalkan pabrik maklon minuman.

Maksud mengandalkan pabrik maklon minuman adalah Anda dapat meminta bantuan merek sebagai penyedia jasa untuk membuatkan produk yang diharapkan.