3 Pilihan Cara Menjumlahkan Di Excel yang Bisa Dipilih

Paling tidak ada 3 pilihan cara menjumlahkan di Excel yang bisa Anda pilih. Cara pertama adalah dengan menggunakan Operator Plus (+). Cara kedua adalah dengan menggunakan Fungsi SUM. Kemudian cara ketiga adalah dengan menggunakan Fungsi SUBTOTAL.

Ketiga cara di atas sudah pasti ada plus minusnya. Artinya tergantung dari kebutuhan. Namun yang jelas ketiga cara tersebut bisa dikatakan yang paling mudah untuk dipraktikkan.

Satu hal penting lain yang harus Anda tahu adalah masing-masing dari ketiga cara menjumlahkan di Excel tadi memiliki rumus tersendiri. Untuk lebih jelasnya lagi, pada kesempatan kali ini akan coba diulas secara lebih details lagi.

Menjumlahkan di Excel dengan Menggunakan Operator Plus (+)

Cara pertama yang akan dibahas di sini adalah dengan menggunakan Operator Plus (+). Cara yang pertama ini bisa dikatakan sangat mudah sekali. Sebab dalam hal ini Anda tinggal memasukkan rumus =B4+B5+B6+B7 pada sel B8.

Sayangnya ada beberapa kelemahan dari cara yang pertama ini. Khususnya jika data yang akan Anda jumlahkan cukup besar. Bisa dikatakan cara yang pertama ini kurang efektif. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya masih ada cara yang kedua, yakni dengan menggunakan Fungsi SUM Excel.

Menjumlahkan di Excel dengan Menggunakan Fungsi SUM

Pilihan cara menjumlahkan di Excel yang kedua adalah dengan menggunakan fungsi SUM. Cara kedua ini bisa dipilih jika merasa cara pertama di atas sudah kurang efektif. Untuk menjumlahkan data dengan menggunakan fungsi SUM, Anda tinggal menulis rumus =SUM (B4:B7) pada sel B8.

Nah, selain menuliskan rumus SUM di atas secara manual, ada pilihan cara lain yang lebih mudah. Yakni dengan menggunakan Shortcut Alt = untuk memasukkan rumus di atas. Caranya adalah letakkan kursor pada sel B8 lalu tekan Alt =.

Kemudian, untuk langkah berikutnya Anda tidak perlu lagi menuliskan rumus SUM ke sel-sel lain yang ada di sebelahnya. Dalam hal ini Anda cukup melakukan copy paste rumus SUM tersebut ke sel lain yang ada di sebelahnya. Baik itu dilakukan secara manual maupun menggunakan fitur autofill excel.

Menjumlahkan di Excel dengan Menggunakan Fungsi SUBTOTAL

Pilihan cara menjumlahkan di Excel yang ketiga adalah dengan menggunakan fungsi SUBTOTAL. Cara ketiga ini pun bisa dikatakan sama mudahnya dengan cara yang pertama dan kedua. Nah, untuk menggunakan cara yang ketiga ini Anda tinggal mengetik rumus =SUBTOTAL (109;B4:B7).

Untuk Anda yang ingin menggunakan Rumus SUBTOTAL ini, agar lebih mudah disarankan untuk merubah data sebagai format tabel terlebih dahulu. jika sudah menjadi format tabel, tinggal aktifkan total row yang ada di Tab Design. Selanjutnya Anda tinggal memilih Menu SUM pada baris total row terkait.

Jadi seperti itulah tiga cara menjumlahkan di Excel yang bisa Anda pilih. Satu hal penting yang harus diingat adalah cara tersebut hanya bisa digunakan untuk Excel penjumlahan ke bawah. Artinya tidak bisa digunakan untuk Excel penjumlahan antar kolom maupun Excel penjumlahan antar sheet.

Namun tenang saja, sebab pada dasarnya caranya tidak jauh berbeda. Jadi jika Anda menguasai tiga rumus di atas, melakukan Excel penjumlahan antar kolom maupun Excel penjumlahan antar sheet bukanlah perkara yang sulit. Apalagi kini tutorialnya pun sudah tersedia sangat banyak di internet.

Tentunya patut bersyukur dengan adanya situs-situs teknologi semacam neotekno.com. Situs teknologi yang bisa dijadikan sebagai sumber referensi terkait dengan semua informasi dunia digital saat ini. Nah, semoga tutorial singkat tentang cara menjumlahkan di Excel ini bisa sedikit membantu.