Apa Itu Bakti Sosial?

Pernahkah Anda mengiktui kegiatan bakti sosial? Hampir semua orang di dunia ini pernah mengiktui kegiatan bakti sosial. Acara bakti sosial biasanya diadaakn oleh sekolah, kampus, dan juga korporat. Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang apa itu bakti sosial, tentu kita juga perlu tahu apa itu pengertian dari kata sosial.

Pengertian dari sosial adalah hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat. Sosial juga mempunyai sifat kemasyarakatan dimana kepentingan umum adalah yang utama. Berikut ini adalah pengertian sosial menurut beberapa tokoh terkenal.

Menurut Philip Wecler, sosial adalah sifat dasar yang ada pada tiap manusia sebagai suatu individu. Jika menurut Keith Jacobs, sosial adalah sesuatu yang ada pada suatu komunitas dengan cara dibangun. Menurut Lena Dominelli, sosial adalah suatu bagian yang ada pada hubungan manusia yang sifatnya tidak utuh.

Sedangkan menurut Engine, sosial adalah bagaimana para individu berinteraksi atau berhubungan. Jadi bisa disimpulkan bahwa acara bakti sosial adalah suatu acara atau aktivitas yang melibatkan beberapa individu atau masyarakat.

Manfaat Bakti Sosial

Jika Anda sedang mencari contoh resume dari kegiatan bakti sosial, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu apa manfaat dari diadakannya kegiatan bakti sosial. Karena dalam tiap resume pasti akan tercentumkan tujuan dari dibuatnya acara tersebut. Jadi, apa saja manfaat dari kegiatan bakti sosial yang kerap sekali dilakukan oleh banyak orang?

Jika Anda melakukan sesuatu yang baik dan berdampak sehat bagi masyarakat, maka tindakan mulia Anda akan berpengaruh pada masyarakat tersebut. Bahkan Anda juga bisa dijadikan sebagai contoh dan apa yang Anda lakukan akan ditiru oleh orang lain. Karena itulah dengan adanya bakti sosial, maka akan tercipta komunitas yang sehat.

Manfaat bakti sosial akan terasa pada kepercayaan diri Anda yang meningkat. Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang sudah aktif di kegiatan bakti sosial sedari dulu maka akan mempunyai nilai yang baik di sekolah dan akan mempunyai citra yang baik pada orang tersebut. Hal ini akan menambah poin plus jika Anda sedang membuat contoh resume untuk kerja.

Menambah relasi

Jika Anda mengikuti kegiatan bakti sosial, maka Anda akan bertemu dengan banyak orang. Anda juga akan bekerja sama dengan banyak orang. Hal inilah yang membuat Anda mempunyai banyak relasi. Tentunya semakin banyak relasi, akan semakin baik bagi diri Anda bukan?

Menambah pengalaman

Mengikuti kegiatan bakti sosial akan menambah pengalam Anda. Mengapa demikian? Karena Anda akan mengikuti beberapa acara yang menyangkut tentang kemasyarakatan. Dalam acara inilah Anda akan diajarkan untuk berbaur dan bekerja sama dengan semua individu yang mengikuti bakti sosial. Pengalaman Anda akan semakin bertambah.

Menumbuhkan jiwa sosial

Jika Anda merasa mempunyai sifat pemalu, maka mengiktui bakti sosial akan menjadi cara yang tepat bagi Anda agar jiwa sosial menjadi berkembang. Anda akan bersosialisasi dengan banyak orang dan Anda akan mempunyai jiwa sosial secara alami.

Menumbuhkan kreativitas

Tahukah Anda bahwa mengiktui bakti sosial bisa menumbuhkan kreativitas pada diri Anda? Hal ini karena dalam acara yang pada bakti sosial, Anda dituntut untuk mencari solusi dan inovasi. Karena itulah bakti sosial bisa membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Contoh kegiatan bakti sosial adalah kerja bakti, membersihkan sekolah, membersihkan jalan, atau membersihkan selokan. Ronda malam juga merupakan salah satu kegiatan bakti sosial, dimana para warga akan menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggalnya. Kegiatan yang mana yang sering Anda ikuti?